Pintu Iblis selanjutnya adalah : Kenyang dari makanan sekalipun makanan itu khalal murni,Maka sesungguhnya kenyang itu adalah senjata tajam Iblis ,

Telah diriwayatkan : sesungguhnya Iblis telah memperlihatkan dirinya kepada Nabi Zakariya as ,Maka Nabi Zakariya melihat Iblis membawa banyak gantugan / centelan,Lalu Nabi Zakariya bertanya pada Iblis : Kamu itu membawa apa? jawab Iblis : ini adalah syahwat, dan syahwat ini saya gunakan untuk memperdaya Bani Adam / Manusia ,

Lalu Nabi Zakaria bertanya : apakkah saya juga mendapatkannya ? Iblis menjawabnya : Jikalau kamu kenyang akan aku beratkan kamu untuk melakukan sholat dan dzikir,Lalu Nabi Zakaria bertanya lagi : Apa ada yang lainnya ? Jawab Iblis Tidak, Lalu Nabi Zakaria bersumpah : Demi Alloh saya tak akan pernah memenuhi perut saya dari makanan selamanya,

Kemudian Iblis juga bersumpah : Demi Alloh saya tidak akan pernah menghendaki orang islam baik selamanya,
Dan telah dikatan didalam banyak makan {kenyang} ada Enam perkara  no
Satu : Didalam hati orang yang banyak makannya akan hilang rasa takutnya kepada Alloh.
Kedua : akan hilang dari dalam hati orang yang banyak makan ,Rasa kasihan dengan sesama mahluk ,Karena mengira kalau semua mahluk itu kenyang.
Ketiga : orang yang banyak makan akan terasa berat untuk taat kepada Alloh.
Keempat : Jika mendengar kata kata hikmah tidak mendapakan halus hatinya.
Kelima :Jika mereka menasihati ? berkata dengan hikmah tidak akan pernah masuk ke hati yang mereka nasihati / semua hati manusia.
Keenam : Orang yang banyak makannya akan banyak pula penyakitya.
 
Top