Ketahuilah !  Bahwa sesungguhnya hati nurani itu ibarat benteng {pertahanan},Dan syaithon ibarat musuh yang menghendaki masuk ke dalam  benteng tersebut  dan ingin menguwasainya,Dan tidak ada orang yang bisa menjaga benteng tersebut dari masuknya syaithon kecuali orang orang yang mengetahui pintu pintun benteng tersebut,


Menjaga hati dari godaan syaithon itu hukumnya wajib ‘ain bagi setiap orang mukallaf,suatu perkara yang menjadikan sesuatu yang wajib itu bisa terleksana,Maka perkara tersebut hukumnya wajib,Dan tidak bisa menolak syaithon masuk kedalam benteng kecuali dengan mengetahui pintu pintu benteng ,lobang lobang benteng,Maka mengetahui pintu pintu benteng dan lobang lobang  tersebut hukumnya juga wajib, Pintu pintu Syaithon itu adalah sifat sifat hamba {manusia}


Sebagian pintu pintunya syaiton yang besar adalah:Marah dan shahwat {nuruti hawa nafsu},Maka sesungguhnya marah itu merusak akal ,Dan ketika akal lemah maka syaiton masuk .Ketika manusia marah ,maka syatin akan bermain main dengan manusia seperti anak yang bermain bola.
Telah diriwayatkan,Sesungguhnya Iblis telah bertemu Nabi Musa as, MakaIblis berkata kepada Nabi Musa: Hai Musa kamu adalah orang yang dipilih Alloh menjadi utusannya dan kamu diberi titel kalimulloh,dan aku ini adalah makhluk Alloh,Aku telah berbuat dosa dan aku ingin taubat maka bantulah aku agar tuhanku mau menerima taubatku ,

Maka setelah Nabi Musa as naik kegung dan munajad kepada Alloh dan setelah munajad Nabi Musa as menghendaki turun dari gunung tersebut ,Maka Nabi Musa as mendapat wahyu: Hai Musa Sampaikan amanat amu ,Maka Nabi Musa matur:Ya Tuhan kami ,Hambamu { Iblis} menghendaki diterima taubat atas dosa dosanya .Maka Nabi Musa as mendapat wahyu  Hai Musa aku telah menerima hajadmu  ,Maka perintahlah kamu kepada Iblis untuk sujud kepada makamnya Nabi Adam,Kalau menginginkan aku menerama taubatnya.Setelah Nabi Musa as menemui Iblis dan menyampaikan pada Iblis agar Iblis bersujud pada makamnya Nabi Adam ,Maka Iblis marah dan sombong dan Iblis berkata:

Ketika Adam masih hidup aku tidak mau sujud  apalagi sekarang Adam sudah mati.Lalu Iblis berkata kepada Nabi Musa as : Hai Musa Kamu telah membantu aku ,Maka kamu aku beri tiga hadiah ,Jika kamu megang hadiahku ini aku tidak akan merusakmu .
Pertama: Ingatlah kamu kepadaku ketika kamu marah ,Maka  sesunggunya ruhku didalam hatimu dan mataku didalam matamu dan aku jalan atas kamu ditempat jalannya darah{ketika seseorang marah maka syaithon berjalan bersama ngalirnya darah orang tersebut}.


Kedua:   : Ingatlah kamu kepadaku ketika kamu marah,Maka sesungguhnya ketika manusua marah,maka aku sebul hidung mereka ,Maka mereka tidak akan tau apa yang mereka  kerjakan.


Ketga : Ingatlah kamu kepadaku ketika Dahsatnya perang ,Maka sesunggunya aku akan mendatangi Anak Adam{manusia} Dan aku bisik bisik kepada mereka :Ingatlah istrimu ,Ingatlah anak anakmu,Ingatlah keluargamu ,Sehingga mereka  perpaling{tidak jadi perang}.


Hai Musa  takutlah kamu duduk duduk  dengan wanita yang buka mahrommu, Karena sesungguhnya aku ini menjadi utusan wanita tersebut atas kamu,Juga menjadi utusanmu atas dia ,Maka aku tak akan berhenti menfitnahmu dengan dia dan menfitnah dia denganmu.


Maka sesungguhnya syaithon telah isyarat dengan perkataannya,Kepada syahwat,ghodlob, khirsh.
Maka sesungguhnya lari dari dahsatnya peperangan itu  adalah senang atas dunia.dan sesungguhnya syaithon tidak mau sujud kepada Adan as itu adalah iri hati,dengki,dan dengki,irihati ini adalah pintu besarnya Iblis.


Dan telah diceritakan:Sesungguhnya sebagian para wali telah bertanya kepada iblis,Berilah tau kami! Bagai mana kamu bisa mengalahkan manusia? Maka Iblis menjawab,ketika manusia marah dan menuruti hawa nafsunya maka aku perdaya manusia itu.
Telah diceritakan:sesungguhnya Iblis telah memperlihatkan dirinya kepada seorang pendita,Maka pendeta bertanya kepada Iblis, ahlak manusia yang membantu kamu itu apa? Jawab Iblis: Keras ,Maka sesunggunya ketika manusia keras,aku balik manusia itu seperti anak yang membalik bola.
Pintu Syaiton selanjutnya adalah: cinta berhias dari perkakas rumah tangga,pakaian dan rumah,Maka sesungguhnya ketika syaithon tahu cinta berhias dari perkakas rumah tangga,pakaian dan rumah didalam hati nurani manusia ,Maka syaiton akan bertelor didalamnya dan mengengkraminya sampai menetas.Setelah telor syaithon menetas



Syaithon tidak akan berhenti mengajak manusia untuk selalu membangun rumah sekalipun sudah punya rumah yang layak ditinggali dan mengajak manusia untuk menghiasi atap rumahnya dan pagarnya,Dan mengajak manusia untuk selalu berhias dengan sandang/pakaian dan kendaraan dan syaiton selau mendorong manusia untuk selalu membangun rumahnya selama hidupnya dan setelah syaiton mempengarui manusia dan setelah manusia terpedaya olehya maka syaiton tak pernah kembali kepada manusia tersebut,


Maka sesungguhnya sebagian tipu daya syiton tersebut akan menarik kepada sebagian lainnya,maka syithon tidak akan pernah berhenti memperdaya manusia dari sesuatu kesesuatu yang lainnya sehingga manusia dijemput oleh ajalnya,Dan manusia mati tetap dijalannya dan nuruti hawanafsunya dan dikhawatirkan kematian manusia dijalan syaithon tersebut menjadikan suul khotimah {jelek akhirnya} Kita minta perlindungan kapada Alloh dari pungkasan yang jelek
 
Top