وكان بعض الصحابة  قد انقطع الى رسول الله صلى الله عليه وسلّم يخدمه ويبيت عنده لحاجة ان طرقته  فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلّم الاّ تتزوّج ؟  فقال يارسول الله انّي فقير لاشيئ لي  وانقطع عن خدمتك  فسكت  ثمّ عاد ثانيا  فأعاد الجواب  ثمّ تتفكّر الصحابي وقال  والله  لرسول الله صلى الله عليه وسلّم أعلم بما يصلحني في دنياي وآخرتي   وما يقرّبني الى الله منّي  ولئن قال الثّالثة لأفعلنّ فقال له الثّالثة الاّ تتزوّج  قال فقلت يارسول الله زوّجني  قال اذهب الى بني فلان فقل انّ رسول الله صلى الله عليه وسلّم يأمركم ان تزوّجني فتاتكم  قال فقلت  يارسول الله لاشيئ لي  فقال لأصحابه اجمعوا لأخيكم وزن نواة من ذهب فجمعوا له فذهبوا به الى القوم فأنكحوه فقال له اولم ! وجمعوا له من الأصحابي شاة للوليمة
وهذا التّكرير يدلّ على فضل النّكاح ويحتمل انّه توسم فيه الحاجة الى النّكاح

 
Ada sahabat Nabi yang setiap hari selalu berada di rumahnya Nabi Muhammad SAW dan selalu mengabdi kepada Nabi Muhammad SAW.maka Nabi Muhammad SAW bertanya kepada sahabatnya tersebut,
Tanya Nabi mengapa kamu tidak menikah?
Maka sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut menjawabnya Ya Rasulalloha aku ini orang yang tidak mempnyai apa apa[faqir] dan aku ingin selau mengabdi kepada MU , mendengar jawaban sahabatnya tersebut Nabi diam ,kemudian Nabi Muhammad SAW mengulangi pertayaan lagi ,mengapa kamu tidak menikah? .dan sahabat langsung menjawab pertayaan tersebut dengan jawaban yang sama
 ,kemudian sahabat tersebut berfikir fikir dan bersumpah,

Demi Alloh sungguh rasulalloh SAW lebih tahu dengan sesuatu yang bisa memperbiki diriku didunia dan akhirat,dan lebih tahu dengan sesuatu yang menjadikan aku bisa dekat dengan Alloh, dari pada aku

seandainya Rasulaah SAW bertanya lagi kepadaku. maka aku akan menikah , kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya lagi seperti diatas maka sahabat tersebut menjawab dengan ucapan .
Ya Rasulalloh nikahkanlah aku! kemudian Nabi Muhammad SAW menyuruh sahabat tersebut pergi kerumah Bani fulan. dan sampaikan kepada Bani fulan ,Bahwa Rasulaalloh SWA menyuruh kamu agar kamu menikahkan aku dengan putrimu,kemudin sebelum sahabat tersebut berangkat ,kembali mengulangi kata katanya diatas, Ya Rasulalloh .saya tidak punya apa apa,maka kemudian Rasul bersabda kepada para sahatnya kumulkanlah olehmu mas seberat biji,kemudian nikahkan sahabatku ini dan carilah kambing untuk pesta pernikahan sahabatku ini
 
Top