Abu Dardak berkata : Nabi Muhammad صلّى الله علسه وسلّم Bersabda : Alloh سبحانه وتعالى menciptakan Jin menjadi tiga bagian {pantan}

1.Berupa Ular,Kalajengking,Serangga
2.Seperti Angin
3.Pembawa pahala dan siksa
Alloh سبحانه وتعالى menciptakan Manusia juga menjadi tiga bagian
1.Seperti binatang,seperti firman Nya : mereka punya hati tetapi,mereka tidak bisa memahami sesuatu,dengan hatinya,dan mereka punya mata tetapi mereka tika bisa melihat dengan matanya,dan mereka punya telinga tetapi mereka tidak bisa mendengarkan dengan telinganya,mereka itu seperti binatang,bahkan mereka lebih sesat
2.Badannya seperti manusia {bani Adam} tetapi arwahnya ,arwah Syaithon
3.Bagian yang ketiga ini adalah orang orang yang mendapatkan tempat berteduh di hari Qiyant nanti,dan disana tiada tempat berteduh selain tempat berteduhnya Alloh سبحانه وتعالى

Dan Wuhaib bin ward berkata:Telah sampai kepadaku bahwa Iblis pernah menampakkan dirinya kepada Nabi Zakariyya عليه السّلام dan Iblis berkata kapada Nabi Zakariyya  عليه السّلام Kedatanganku ini untuk menasihati kamu ,jawab Nabi Zakariyya  عليه السّلام :Aku tidak butuh nasihat dari kamu,tetapi berilah aku tahu tentang Bani Adam {manusia},kemudian Iblis menjawab  : Bagiku Bani Adam itu ada tiga bagian .Pertama :ini adalah bagian yang sangat kuat ,setiap saat aku sesatkan mereka dan aku duduki mereka tetapi mereka ,melawanku,dengan Istighfar dan taubat ,jadi aku menghadapi mereka itu ,hanya mendapatkan capai,tak bisa berhasil menggoda mereka,
Yang kedua :Bani Adam bagiku seperti bola,yang dimainkan anak anak,aku lakukan mereka semauku ,karena mereka sudah aku kuasai,
Ketiga Bani Adam itu seperti kamu {para Nabi/Rasul}Mereka sudah terjaga penuh dari melakukan dosa {ma'sum} dan aku tidak mampu menggoda mereka sedikitpun.
 
Top