Zuhud didalam dunia akan menjadikan enaknya hati dan badan ,Dan cinta Dunia akan menjadikan  susah payah hati dan badan


Abu Yazid Albusthomi berkata : Tidak ada satu orangpun yang bisa mengalahkan saya ,Keculi satu orang dari Ahli Balkho {desa}  yang datang dirumahku dan bertanya kepadaku
Hai Abu Yazid : Apa batas batas Zuhud bagimu? Jawab Abu Yazid : Ketika saya mendapat makanan maka aku makan dan ketika saya tidak mendapat makanan aku sabar

Maka  penanya berkata : Anjingnya Balkha juga berlaku seperti itu  ,Lalu penanya Tanya lagi kepada Abu Yazid ,Hai Abu Yazid : Apa batas batas Zuhud bagimu?
Jawab Abu Yazid  : Ketika aku tidak mendapatkan sesuatu aku shobar dan ketika mendapatkannya ,Aku sediakan sesuatu itu untuk siapa saja yang membutuhkan

Jadi intinya Zuhud adalah :Kerja keras untuk membantu orang lain yang membutuhkannya bukannya kerja keras untuk mengumpulkan harta untuk diri sendiri dan keluargnya
Zuhud bukannya memakai sarung dan serban lalu dimasjid terus menerus tidak punya apa apa,Bisa saja orang Zuhud itu kaya raya seperti yang terjadi pada shohabat Nabi,Tapi juga bisa cinta dinia itu orangnya kere
 
Top