Barshish adalah orang yang sangat taat beribadah ,Barshish beribadah kepada Alloh selama 220 tahun, dan tidak pernah maksiat kepada Alloh sedikitpun dalam 220 tahun itu, Barshish mempunyai 60 ribu murid,dam murid-muridnya Barshish, semuanya bisa terbang diangkasa,sebab berkah ibadahnya,sehingga para Malaikat takjub kepadanya,
Lalu Alloh bertanya kepada para Malaikat,Mengapa kamu sekalian takjub kepada Barshish ?Aku lebih tahu dari apa saja yang kamu sekalian tidak tahu,Sesunngguhnya Barshish itu didalam ‘ilmuku ,kufur dan masuk neraka selama-lamanya hanya karena minum  khomer/arak{miras}.
Kemudian Iblis mendengar Firman Alloh itu,setelah mendengar firman Alloh itu, maka Iblis tahu bahwa rusaknya Barshish itu ,disebabkan oleh minuman keras/arak,maka Iblis mendatangi langgarnya /tempat ibadahnya Barshish,dan Iblis menyamar seperti orang yang ahli ibadah,dan memakai serban,

lalu Iblis memanggil Barshish,kemudian Barshish menjawabnya sambil bertanya ,kamu siapa,ada perlu apa? 
Jawab Iblis ,aku ngabid{ahli ibadah,kedatanganku kepadamu tidak lain hanya aku ingin menolongmu didalam ibadahmu,
lalu Barshish berkata, barang siapa beribadah kepada Alloh maka Alloh akan mencukupinya,
kemudian Iblis berdiri dan beribadah bersama Barshish,3hari 3malam,selama 3hari 3malam itu ,Iblis tidak makan tidak minum dan tidak tidur,
lalu Barshish berkata kepada Iblis,aku setiap hari,makan ,minum ,dan tidur,dan sesungguhnya aku ini sudah beribadah selama 220 tahun ,dan aku tidak kuat kalau tidak,makan,tidak minum,dan tidak tidur,

kemudian Iblis menjawab,aku pernah melakukan suatu dosa ,dan ketika aku ingat dosa,yang aku lakukan itu  ,ngatukku hilang ,rasa laparku hilang,rasa dahaku hilang,
kemudian Barshish bertanya,bagai mana caranya agar aku bisa seperti kamu ,{tidak makan ,tidak tidur,dan tidak minum}?
Jawab Iblis :pergilah kamu ,dan maksiatlah kamu kepada Alloh,lalu bertaubatlah kamu!,karena Alloh itu Maha Penyayang,sehingga kamu dapat merasakan manisnya tho’at,
lalu Barshish kembali bertanya,lalu aku harus berbuat bagai mana? ,
jawab Iblis,Zina.
  Barshish,tidak ,aku tidak sanggup berbuat itu, 
 Iblis bunuhlah satu orang Islam!,
Barshish ,tidak ,aku tidak sanggup melakukan itu,
Iblis minumlah kamu khomer/arak {miras},karena minum khomer itu syarat yang paling ringan,
 Barshish dimana aku bisa men dapatkan khomer itu,Iblis pergilah kamu kedesa sana…….!,kemudian Barshish pergi kedesa itu dan disana bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik,lalu Barshish membeli khomer  kepada wanita itu,lalu Barshish meminumnya,tidak lama kemudian Barshish mabuk dan memerkosa wanita itu,
tidak lama kemudian suami wanita itu datang,kemudian terjadi pertengkaran yang sangat hebat,sampai-sampai akan saling bunuh-membunuh,kemudian Iblis datang menyamar seperti manusia,dan membawanya kepada kedua orang tersebut kepengadilan,setelah sidang ,hakim menjatuhkan putusan kepada Barshish ,80 cambukan karena mabuk,dan 100 cambukan karena Zina,dan kemudian Barshish disalip,
setelah Barshish disalip ,Iblis mendatangi Barshish lagi dan menyamar seperti manusia,dan Iblis bertanya kepada Barshish,bagai mana keadaanmu?,
jawab Barshish,barang siapa yang nurut dengan teman jelek seperti inilah akibatnya.
Iblis kalau kamu ingin selamat ,bebas dari semua ini aku bisa membantumu,   Barshish, selamatkanlah aku ,apa saja yang kamu minta akan kau penuhi,
Iblis :kamu sujudlah satu kali saja kepadaku,!  
Barshish: aku tidak bisa sujud,  Iblis : sujudlah kamu dengan isyarat,lalu Barshish sujud dengan isyarat dan kufur billah dan keluar dari dunia tanpa membawa iman  nangudlubillah
 
Top