:Aku bersama Rosululloh صلّى الله عليه وسلّم dirumahnya Abu Bakar shidiq {Makkah} ,pada saat itu pintu rumahnya Abu Bakar shidiq diketuk-ketuk,kemudian pada saat pintu diketuk-ketuk aku keluar,ketika aku keluar,ada orang laki-laki yang beragama Nashrani,berkata: apakah disini ada Muhammad bin 'Abdulloh?,
lalu orang Nashrani tersebut, aku  masukkan kerumah Abu bakar,kemudian laki-laki Nashrani tersebut berkata:Hai Muhammad kamu menganggap dirimu sebagai rasul,jikalau kamu betul-betul rasululloh,tolonglaglah kami,karena kami telah teraniaya,

Rasululloh صلّى الله عليه وسلّم bertanya pada laki-laki Nashrani :siapa yng menganiaya kamu?
Jawab laki-laki nashrani:Abujahal bin Hisyam,dia telah mengambil harta kami.
Seketika Rasululloh berdiri,dan pada saat itu ,saatnya istirahat siang,kemudian sahabat Bilal berkata kepada Rasululloh . Ya rRasulalloh ,sekarang ini saatnya istirahat siang ,aku sangat takut kalau Abu jahal ,marah kepadamu,dan menyakitimu,dan Rosululloh صلّى الله عليه وسلّم  tidak mendengarkan kata-kataku,
lalu Rasululloh صلّى الله عليه وسلّم pergi kerumah Abujahal dan mengetuk pintu rumah Abujahal ,sambil marah,kemudian Abujahal keluar rumah sambil marah,ketika keluar,diluar rumah ada Rosululloh صلّى الله عليه وسلّم ,sedang berdiri,
lalu Abujahal berkata masuklah.kena apa kamu tidak mengundangku,kalau kamu mengundangku aku akan pergi kerumahmu?
Rosululloh صلّى الله عليه وسلّم berkata kepada Abujahal:kamu telah mengambil hartanya laki-laki Nashrani ini,kembalikanlah harta tersebut kapada laki-laki Nashrani ini!,
Abujahal:karena masalah inilah kamu datang kemari?,andai kata kamu menyuruh orang kesini,akan aku kembalikan harta itu kepada laki-laki Nashrani itu,

Rosululloh صلّى الله عليه وسلّم :kamu tidak usah bicara yang panjang lebar,tetapi kembalikan harta itu kepada laki-laki Nashrani ini!
Kemudian Abujahal berkata kepada pembantunya: keluarkanlah semua harta yang aku ambil dari laki-laki Nashrani itu!,dan kebalikanlah!

Lalu Rosululloh صلّى الله عليه وسلّ  bertanya kepada laki-laki Nashrani ,apakah semua hartamu sudah kembali kepadami?
Jawab laki-laki Nashrani:ya,tapi masih kurang satu,maka Rosululloh صلّى الله عليه وسلّ berkata kepada Abujahal,keluarkanlah harta yang satu itu,dan setelah dicari harta yang satu tersebut tidak diketemukan,kemudian Abujahal mengganti harta yang satu tersebut dengan harta yang lebih baik,

Maka berkatalah istri Abujahal kepada Abujahal:Demi Alloh kamu telah berbuat sangat sopan kepada anak yatimnya Abutholib,
Jawab Abujahal:andaikan kamu tahu seperti apa yang aku tahu ,niscaya kamu tidak akan bicara seperti itu ,
Istri Abujahal:kamu melihat apa?
Abujahal:kamu jangan memalukanku dihadapan kaumku,aku telah melihat dua harimau di kedua pundak anak yatimnya Abutholib,ketika aku akan menolak mengembalikan harta kepada laki-laki Nashrani, harimau itu akan menerkamku,
maka karena itulah aku berbuat sopan sama anak yatimnya Abutholib,
Ketika laki-laki Nashrani itu melihat apa yang dilakukan Rosululloh صلّى الله عليه وسلّ terhadap Abujahal,pada saat itu laki-laki Nashrani tersebut berkata Ya Muhammad kamu adalah utusan Alloh ,dan agamamu adalah agama yang hak,dan pada saat itu pula laki-laki Nashrani tersebut masuk islam sebab berkat pertolongan terhadap orang yang teraniaya
 
Top