Bedanya  hukum  Islam  dengan  hukum  negara  Repoblik  Indonesia sangat banyak sekali, diantaranyaDidalam Hukum  Islam  Seorang  Yang  Lupa atau  Khilaf  tidak ada denda atau sangsi  apapun ,tetapi kalau  di dalam  hukum  negara  Repoblik Indonesia  , tidak  ada  perbedaan  diantara   orang  yang  lupa  atau  khilaf  ,
A.Seumpama  ada arang naik sepeda  motor lupa  membawa  SIM  atau  STNK  kemudian ada  operasi  polisi atau cegatan {bahasa jawanya}  Pasti  orang  itu  akan  kena  Denda  atau  akan  kena  Tilang  dan  tidak ada ampunan  lagi,
 B. Aku  pernah  lupa  memperpanjang  STNK,baru kira-kira  satu minggu  kemudian  setelah  aku tahu  kalau  pajak  Kendaraan  Saya  sudah  habis  berlakunnya,  kemudian  aku  perpanjang  STNK  tersebut   dan kebetulan  baru ada  pemutihan  ,lalu aku  tetap  kena  denda  jasa raharja  sekitar  -+  120  ribu
C. Aku pernah terlambat  membayar  rekening  listrik.dan keterlambatan  saya  ini  tidak kami sengaja  ,tetapi  dikarenakan  saya  memang  betul-betul  belum   punya  uang  ternyata aku tetap  kena  denda

Tetapi  kalau  hukum  Islam  Seorang  yang  lupa atau  khilaf,tidak  ada dendanya  atau  tidak ada sangsinya
Contohnya
A. seorang  yang  sedang  menjalankan  ibadah  puasa  kemudian  lupa  kalau  baru  menjalankan   ibadah  puasa.lalu  orang  itu  makan  dan  minum  sampai  kenyang  dan segar,LUPA  seperti  ini  tidak  ada  efek sampingnya,  alias  puasanya  tidak  batal  {tetap  sah  puasanya}  dan tidak  disuruh  mengulang  puasanya
 
Top