Kompor dan Elpiji meledak lagi dan terus meledak,menurut pengalaman saya adalah  : Karena kualitas Regulator jelek .kualitas sil katup gas jelek / aus kualitas kompor Gas jelek atau rusak kualitas selang jelek atau ada yang bocor
Sangat banyak Regulator jelek kualitas nya ,tetapi sangat banyak pula beredar di mana-mana,mudah di jumpai di toko-toko dan swalayan, aku pernah menjumpai bermacam-macam kerusakan pada regulator,diantara nya .pernah aku jumpai regulator terbelah menjadi dua.pernah aku jumpai regulator yang keluar nya gas sangat kenceng,sehingga nyala apinya sangat besar dan bunyinya mengerikan .regulator yang rusak nya seperti ini ,biasa nya ,jika pertama kali menyalakan kompor agak kesulitan .dan biasa nya harus di ulang-ulang,tetapi jika kompor sudah nyala ,api nya akan besar sekali.

Pernah aku jumpai regulator yang patah jarumnya ,sehingga gas tidak bisa keluar.tetapi kerusakan regulator yang sangat banyak  terjadi adalah.karena kencing nya dol dan aus sehingga.terjadi kebocoran,sekalipun sil pada katup gas diganti baru tetap bocor.
Kalu kancing nya dor tanda-tanda nya adalah jika regulator ditekan tidak ada kebocoran tetapi gika tidak di tekan ada kebocoran,

Kerusakan pada selang ,biasanya dimakan usia atau kuwalitas selang nya memang jelek,sehingga mudah patah atau bocor,selang yang di makan usia biasanya ,akan terjadi kebocoran pada ujung selag yang terhubungkan pada kompor.atau selang akan lepas sendiri jika kena beban ,sekalipun hanya beban yang sangat ringan,
 
Top