Umi/Umu sulem lengkapnya adalah Rumaishok umi sulem dia adalah seorang wanita yang mulia penyabar dan tahan menghadapi musibah,
Sesungguhnya  Umi sulem berkata anak laki laki[belita] saya meninngal dunia dan suamiku Abu Tolkhah sedang bepergian ,kemudian saya berdiri membawa anak saya keruang belakang/senthong  kemudian pada waktu sore hari menjelang maghrib Abu Tolkhah datang,kemudian saya sambut kedatangan nya dan saya siapkan makanan ,minuman untuk berbuka puasanya ,setelah dia selesai berbuka dia bertanya; Bagai mana keadaan anak kita?
 dan saya jawab  Alkhamdulillah baik baik saja ,semalam tidak nakal tidak rewel dsb
.
Kemudian aku bertanya kepadanya Pak kamu heran tidak dengan tetangga kita ? kata Umu sulem, Emangnya ada apa dengan tetangga kita?, jawab Abu Tolkhah,
Mereka itu didititipi sesuatu dan ketika sesustu itu diambil oleh pemiliknya mereka tidak rela alias nggersulo, lalu  Abu Tolkhah berkata Wah  perbuatan seperti itu jelek sekali, lalu saya katakan .pak titipan itu adalah anak kita ,pak anak kita itu kan titipan dari Alloh SWT dan sekarang  sudah diambil Oleh Alloh SWT alia meninggal dunia  .setelah Abu Tolkhah mendengar perkataan istrinya maka  Abu Tolkhah Berkata Alkhamdulillahirobbil 'alamiin Innalillahi Wainnailaihiroji'gun. setelah pagi Abu tolkhah dengan istrinya Umusulem pergi kerumah Nabi Muhammad SAW dan bercerita tentang kejadian yang dialami Abu Tolkhah bersama Umusulam semalam Kemudian Nabi mendoakan keduanya ;  Allohumma baariklahumma filailatihima
 
Top