Di Benares, India, hidup seorang raja yang sangat gemar berbicara. Apabila ia sudah mulaimembuka mulutnya, tak seorang pun diberi kesempatan menyela pembicaraannya. Hal inisangat mengganggu menterinya. Sang menteri pun selalu memikirkan cara terbaikmenghilangkan kebiasaan buruk rajanya itu.

Pada suatu hari raja dan menterinya pergi berjalan-jalan di halaman istana. Tiba-tiba mereka melihat seekor kura-kura tergeletak di lantai. Tempurungnya terbelah menjadi dua.

"Sungguh ajaib!" kata Sang Raja dengan heran."Bagaimana hal ini dapat terjadi?" Lalu Raja mulai dengan dugaan-dugaannya. Dia terus-menerus membicarakan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dengan kura-kura itu. Sang Menteri hanya mengangguk-anggukkan kepala menunggu kesempatan berbicara. Kemudian dia merasa menemukan cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan buruk Sang Raja.

Ketika Sang Raja menarik napas untuk berbicara lagi, Sang Menteri segera menukas danberkata, "Paduka, saya tahu kejadian sebenarnya yang dialami kura-kura naas ini!""Benarkah? Bila begitu, lekas katakan," kata Raja penuh rasa ingin tahu.Dengan penuh keseriusan Sang Raja mendengarkan cerita menterinya. Sang Menteri pun mulai bercerita.

Kura-kura itu awalnya tinggal di sebuah danau di dekat pegunungan Himalaya. Di sanaterdapat juga dua ekor angsa yang selalu mencari makan di danau tersebut. Mereka punakhirnya bersahabat. Pada suatu hari dua ekor angsa itu menemui kura-kura yang sedang berjemur di tepi danau. "Kura-kura, kami akan segera kembali ke tempat asal kami yangterletak di gua emas di kaki Gunung Tschittakura. Daerah tempat tinggal kami adalah daerahterindah di dunia. Tidakkah engkau ingin ikut kami ke sana?" tanya Sang Angsa.

"Dengan senang hati aku akan turut denganmu," sahut kura-kura riang."Tetapi, sayangnya aku tak dapat terbang seperti kalian," lanjutnya dengan wajah mendadaksedih. "Kami akan membantumu agar dapat turut bersama kami ke sana. Tapi selama dalam perjalanan kamu jangan berbicara karena akan membahayakan dirimu," kata angsa."Aku akan selalu mengingat laranganmu. Bawalah aku ke tempat kalian yang indah itu," janjikura-kura. Lalu kedua angsa tersebut meminta kura-kura agar menggigit sepotong bambu. Kemudian kedua angsa tersebut menggigit ujung-ujung bambu dan mereka pun terbang ke angkasa. Ketika kedua angsa itu sudah terbang tinggi, beberapa orang di Benares melihatpemandangan unik tersebut. Mereka pun tertawa terbahak-bahak sambil berteriak."Coba, lihat! Sungguh lucu. Ada dua ekor angsa membawa kura-kura dengan sepotong bambu." Kura-kura yang suka sekali bicara merasa tersinggung ditertawakan. Dia pun lupa pada larangan kedua sahabatnya. Dengan penuh kemarahan dia berkata,"Apa anehnya? Apakah manusia itu sedemikian bodohnya sehingga merasa aneh melihat halseperti ini?"

Ketika kura-kura membuka mulutnya untuk berbicara, dua ekor angsa itu sedang terbang diistana. Kura-kura pun terlepas dari bilah bambu yang digigitnya. Dia terjatuh tepat di sini dan tempurungnya terbelah dua. "Kalau saja kura-kura itu tidak suka berbicara berlebih-lebihan, tentu sekarang dia telah tiba di tempat sahabatnya," kata Sang Menteri mengakhiri ceritanya sambil memandang Sang Raja. Pada saat bersamaanRaja pun memandang menterinya. "Sebuah cerita yang menarik," sahut Sang Raja sambil tersenyum. Dia menyadari kemanaarah pembicaraan menterinya. Sejak saat itu, Sang Raja mulai menghemat kata-katanya. Dia tidak lagi banyak bicara. Tentu saja Sang Menteri amat senang melihat kenyataan itu.
 
Top